Monday, May 05, 2008

Membuat Sendiri Command Aliases AutoCAD

Salah satu kemudahan dalam AutoCAD adalah kita bisa menggunakan banyak cara untun memasukan perintah. Kita bisa menggunakan command line, toolbar, maupun menu.

Bagi yang sudah lama menggunakan AutoCAD tertuama dari mulai versi DOS, tentu sangat terbisa untuk menginput perintah AutoCAD melalui keyboard. Bagi pengguna baru pun sangatlah baik bila membiasakan diri menggunakan keyboard sebagai input utama. Pengguna AutoCAD dapat menggunakan kedua tangannya secara efektif yakni tangan kiri pada keyboard dan tangan kanan pada mouse, atau sebaliknya bagi para pengguna kidal/ left handed.

AutoCAD memberikan kemudahan untuk setiap command yang diinput melalui kerboard berupa AutoCAD Commad Ailases. Pengguna hanya menginput sedikit hurup saja untuk menggantikan perintah aslinya yang terkadang cukup panjang.

Misalnya pada perintah untuk membuat garis, maka pengguna cukup menginput “L” untuk menggantikan “LINE” atau “C” untuk menggantikan “CIRCLE”. AutoCAD akan menterjemahkan huru L tersebut sebagai alias perintah LINE begitu pula dengan C sebagai alias perintah CIRCLE.



Kita dapat melihat konfigurasi alias perintah yang terdapat pada AutoCAD. Pada versi-versi yang lebih baru, biasanya disediakan sendiri fasilitas yang disebut dengan AutoCAD Command Aliases Editor. Untuk panduannya kita dapat mencari pada search index yang tersedia pada menu HELP. Untuk versi AutoCAD yang lebih tua, kita harus mengedit secara manual pada file acad.pgp. Cara ini juga dapat digunakan pada versi terbaru.

Bukalah file acad.pgp yang biasanya tersimpan pada direktori dimana kita menginstall AutoCAD. Pada versi 2006 kita dapat dengan mudah membuka file ini melalui menu Tools > Customize > Edit Program Parameter (acad.pgp).

Komputer akan memanggil file acad.pgp melalui Notepad.



Kita dapat melhat alias-alias standar untuk perintah-perintah yang sudah ada. Dengan mengikuti format yang sama kita dapat menambahkan alias perintah yang baru. Misalnya kita akan manambahkan command alias KOTAK atau KO untuk RECTANGLE.

Tips: Sebelum mencoba, buatlah file acad.pgp cadangan untuk berjaga-jaga dan mempermudah ketika akan mengembalikan ke setingan awal.



Setelah menambahkan alias perintah yang baru, simpanlah file acad.pgp tersebut (save), kemudian restart program AutoCAD agar setingan tersebut dapat dipanggil.

Cobalah apakah alias perintah yang kita buat dapat digunakan.



Selamat mencoba !!!!

0 Comments: